Materi Gitar Dasar 3 'Tablature'

Halo semuanya, apakah kalian bisa bermain gitar? Apa kalian ingin belajar untuk bermain gitar?
Dalam blog ini saya akan menjelaskan materi-materi mengenai alat musik gitar. Jadi langsung saja kita pelajari!

Materi ini adalah materi yang lumayan sulit, jadi saya sarankan untuk menguasai kunci dasar dulu, agar kalian tidak kesulitan mempelajari materi yang satu ini.

I. Cara Membaca Tablature
Jadi kita mungkin akan sering menemukan 'tablature'. Tablature adalah gambaran senar gitar, yang paling atas adalah senar tertinggi (E') dan yang terbawah adalah senar terendah (E). Cara membacanya adalah melihat garis senar, dan angka yang terdapat didalamnya, jika tertulisan misalkan angka 1 pada senar ke 2 dari atas, artinya petik senar B pada fret 1. Tablature ini seringkali kita jumpai pada chord diagram.


II. Senam Jari / Fingering
Jadi pada hari ini, kita akan belajar untuk fingering.. Mungkin awalnya akan susah, namun kita harus membiasakan diri kita agar kita lancar untuk fingering..
Apa gunanya fingering? Dengan fingering, kita akan dapat untuk memainkan jari kita pada gitar semakin lincah, sehingga perpindahan kunci akan semakin mudah dilakukan.
Fingering yang pertama, kita akan belajar sebagai berikut:

1. Tangga Chromatic


 Pada tangga ini, gunakan telunjuk untuk tanda 1, jari tengah untuk tanda 2, jari manis untuk tanda 3, jari kelingking untuk tanda 3. Coba belajar secara perlahan-lahan dahulu, baru ditambah kecepatannya, saya sarankan untuk menggunakan metronome juga, agar lebih stabil pergerakannya. Jika sudah lancar, yang ini


Pada yang ini, urutan jarinya adalah, telunjuk, tengah, manis, kelingking, dan pada yang mundur, adalah kelingking, manis, tengah, telunjuk. Seperti diatas, cobalah dengan perlahan dahulu, baru ditambah kecepatannya.
Jika keduanya sudah dikuasai, cobalah satukan keduanya, seperti pada gambar yang pertama, setelah selesai fret 1 2 3 4, dilanjutkan dengan fret 2 3 4 5, dan seterusnya. Gunakan kekreatifitasan kalian disini..

2. Tangga Nada
pada fingering yang ini, yang kita gunakan adalah tangga nada C.
Pada fingering ini, cobalah untuk menggunakan jari telunjuk untuk fret 2, tengah untuk fret 3, manis untuk fret 4, dan kelingking untuk fret 5. Sama seperti sebelumnya, coba dengan perlahan dahulu, baru dipercepat. Yang selanjutnya adalah:
Nah, sama dengan yang diatas, kita gunakan jari per fret, jari telunjuk untuk fret 5, jari tengah untuk fret 6, manis untuk fret 7, kelingking untuk fret 8.



Jika keduanya sudah lancar, kita akan mencoba untuk menggabungkan keduanya, contohnya:


Setelah kita lancar semuanya itu, kita harus mencoba untuk membuat variasi fingering sendiri, agar kita semakin mahir dalam memainkan gitar..

Mungkin materi ini terlihat simple saja, namun kenyataannya, materi ini adalah materi yang susah. Perlu ketekunan, kalian harus berlatih setiap hari agar lancar. Jika sudah lancar saatnya kita untuk belajar mengaplikasikannya..

III. Penggunaan Tablature
Setelah kalian bisa membaca tablature dan telah lancar fingering, kita akan latihan untuk menggunakan tablature. Kalian bisa search di web Songsterr. Saya tekankan untuk tidak langsung mengambil lagu yang sulit, mulai dengan lagu-lagu yang mudah, yang bentuk kuncinya masih mudah.


Mungkin sekian saja dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, masih banyak materi-materi yang akan saya bagikan dalam blog ini. Oleh karena itu, tunggu post-post saya selanjutnya untuk lanjutan dari materi ini. 


sumber: https://kristian-adhi.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Bedah Chord: "7th Chord"

Bedah Chord "Suspended"

Materi Gitar Dasar 2 'Kunci Dasar'