Bedah Chord "Suspended"

Halo semuanya, apakah kalian bisa bermain gitar? Apa kalian ingin belajar untuk bermain gitar?
Dalam blog ini saya akan menjelaskan materi-materi mengenai alat musik gitar. Jadi langsung saja kita pelajari!

Pada kali ini, kita akan belajar mengenai kunci Suspended. Kunci yang lumayan sering dipakai. Kunci Suspended adalah kunci yang mengganti nada 3 menjadi nada lain. Kunci Sus yang sering dipakai adalah Sus4 dan Sus2. Oleh karena itu, mari kita langsung pelajari!

-Suspended 2 (Sus2)
 Jadi, kunci Sus2 adalan kunci yang mengganti nada ke 3, menjadi nada 2, sehingga rumus yang awalnya 1-3-5, akan menjadi 1-2-5. Kunci sus2 ini dapat diterapkan pada hampir setiap kunci, contohnya Csus2, C7sus2, dll. Untuk kunci dominant, maka rumus yang awalnya 1-3-5-7b akan menjadi 1-2-5-7b.

-Suspended 4 (Sus4)
Jadi, kunci Sus4 ini, prinsipnya sama dengan sus2, namun penggantian nada ke 3 bukan menjadi nada ke 2, melainkan nada ke 4. Sehingga rumus kunci mayor yang awalnya 1-3-5 akan menjadi 1-4-5. Seperti sus2, sus4 dapat diterapkan pada banyak kunci, contohnya Csus4, C7sus4.

-Bentuk Kunci Suspended
Jadi, kita telah mempelajari teori dari kunci suspended, sekarang kita akan melihat diagram dari kunci suspended
C


D
E

F
A

-Penggunaan Kunci Suspended
Penggunaan kunci sus biasanya digunakan pada chord ke 5 dari sebuah nada dasar. misalkan pada nada dasar D, tangga nadanya adalah D-Em-F#m-G-A-Bm-C#dim. Kunci ke 5 nya adalah A, jadi pada kunci A, kita bisa gunakan kunci Asus2 ataupun Asus4. Misalkan pada sebuah lagu, akan memasuki reff, dan kuncinya adalah G - A - D. Kita dapat variasikan menjadi G-Asus4-A7-D-D7. Maka suara dari gitar yang kita mainkan akan lebih menarik atau lebih indah. 


Mungkin sekian saja dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, masih banyak materi-materi yang akan saya bagikan dalam blog ini. Oleh karena itu, tunggu post-post saya selanjutnya untuk lanjutan dari materi ini. 

Sumber: https://www.guitarhabits.com/how-to-play-and-apply-sus2-and-sus4-chords/ , 

Comments

Popular posts from this blog

Bedah Chord: "7th Chord"

Materi Gitar Dasar 2 'Kunci Dasar'