Materi Gitar Dasar 2 'Kunci Dasar'


Halo semuanya, apakah kalian bisa bermain gitar? Apa kalian ingin belajar untuk bermain gitar? Dalam blog ini saya akan menjelaskan materi-materi mengenai alat musik gitar. Jadi langsung saja!


I. Tangga Nada 
Sebelum kita dapat menggunakan chord, kita harus mengetahua tentang tangga nada. Kita biasanya tahu tangga nada ' do-re-mi-fa-sol-la-si-do' . Kita akan belajar penerapan dari tangga nada tersebut.
Ada suatu rumus untuk menyusun tangga nada tersebut, berupa interval atau jarak nada.
1. Berikut adalah jarak nada dari tangga nada Mayor


Kita melihat bahwa ada interval yang bertuliskan 1 dan ½. Angka-angka tersebut berarti
1 = berjarak 2 fret
½ = berjarak 1 fret
Jenis chord yang digunakan pada tangga nada mayor terdapat pada gambar disamping.

2. Selain tangga nada mayor, adapula tangga nada chromatic. Tangga nada ini hanya menggunakan interval ½. Berikut adalah tangga nadanya:

Tangga nada chromatic mengandung tanda accidental, tanda birama yang berfungsi menaikkan atau menurunkan nada dari nada aslinya. Terdiri dari
- Sharp (#) : Untuk menaikkan setengah nada (disebut juga kres)
- Flat (b)    : Untuk menurunkan setengah nada (disebut es)


3. Tangga nada minor memiliki formula:


II. Kunci Dasar Gitar
Setelah kita mengetahui tangga nada, kita akan belajar tentang chord gitar. Chord gitar terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Mayor (M) , dan Minor (m). Yang akan kita pelajari sekarang adalah kunci-kunci mayor dan minor yang sederhana,berikut adalah diagram-diagramnya:
C:
C













D:
D
Dm













E:
E
En












F:

F
Fm

Chord F Mayor adalah kunci gantung, dimana ada 1 jari yang menutupi seluruh senar, bagi pemula hal ini adalah hal yang sulit, oleh karena itu, banyak yang lebih memiliki menggunakan kunci Fmaj7. Memang suaranya hampir sama, namun satu saat nanti kalian pun harus belajar kunci gantung ya..
Fmaj7
G:
G
Gm













A:
A
Am













B:
B
Bm

Kedua kunci B baik yang minor ataupun mayor adalah kunci gantung, jadi kita harus belajar kunci gantung agar kita bisa lancar bermain gitar.







Jika kita lihat dari kunci-kunci diatas, seluruh bentuk kunci tersebut membentuk suatu pola, yang menjadi rumus dalam kunci mayor ataupun mayor. Misalnya dalam C, kita menekan not C-E-C', yang artinya kita membunyikan not C pada senar 5, E pada senar 4, G pada senar 3, C' pada senar 2, dan E' pada senar 1. Jika kita membandingkannya pada tangga nada C mayor, kita akan mendapatkan rumus 1-3-5. C adalah 1, E adalah 3, G adalah 5. Jadi,
Rumus daripada kunci Mayor adalah 1-3-5. Not dari kunci mayor bergantung pada tangga nadanya.
Pada kunci minor, kita dapat melihat rumus kunci tersebut, contohnya dalam kunci Am. Not yang akan dibunyikan pada chord tersebut adalah A pada senar 5, E pada senar 4, A pada senar 3, C pada senar 2, dan E pada senar 1. Ini akan memberikan kita rumus 1-1½-2. A sebagai 1, C sebagai 2#(ri), E sebagai 5. Jadi
Rumus daripada kunci Minor adalah 1-1½-2. Not dari kunci bergantung pada tangga nadanya. 
III. Latihan Melalui Lagu
Kita telah belajar mengenai tangga nada dan kunci-kunci dasar pada gitar, sekarang adalah saatnya pengaplikasian dari teori yang telah kita pelajari, carilah lagu-lagu berkunci dasar C, karena kunci dasar C adalah kunci dasar yang paling mudah untuk dimainkan, hanya menggunakan open chord , yaitu C-Dm-Em-F-G-A-Bm. Contoh lagu-lagunya adalah:

  1. Anji-Dia
  2.  Menunggu Kamu - Anji
  3. Kesempurnaan Cinta - Rizky Febian
  4. Karna Su Sayang - Near ft. Dian Sorowea
Untuk cara menggenjrengnya, akan jauh lebih mudah bagi kalian untuk melihat sendiri tutorialnya di youtube, karena akan lebih cepat mengerti, kalian dapat mencari keyword 'Strumming Pattern' pada search bar.


Mungkin sekian saja dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, masih banyak materi-materi yang akan saya bagikan dalam blog ini. Oleh karena itu, tunggu post-post saya selanjutnya untuk lanjutan dari materi ini. 

Sumber: Chordtela.com , www.guitar-chords.org.uk , tabs.ultimate-guitar.com 







Comments

Popular posts from this blog

Bedah Chord: "7th Chord"

Bedah Chord "Suspended"