Materi Dasar Gitar 1 'Bagian Bagian Gitar'

Halo semuanya, apakah kalian bisa bermain gitar? Apa kalian ingin belajar untuk bermain gitar? Dalam blog ini saya akan menjelaskan materi-materi mengenai alat musik gitar. Jadi langsung saja!


I. Pengertian Gitar
Sebelum kita dapat memainkan alat musik gitar, sebelumnya kita harus tahu apa itu gitar.
Jadi gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar memiliki 6 senar yang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Secara umum, gitar terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Gitar akustik, memiliki bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara yang relatif cukup keras tanpa penguatan elektrik. Gitar akustik ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, namun yang paling umum adalah gitar nylon(klasik) dan steel string
  • Gitar listrik/gitar elektrik adalah gitar yang dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik dan jika dimainkan tanpa penguatan tersebut akan menghasilkan suara yang relatif lemah.
II. Bagian-Bagian Gitar
Gitar Memiliki bagian-bagiannya tersendiri dengan fungsinya tersendiri pula, bagian-bagiannya adalah:
- Head / Kepala
  Tempat dimana biasanya terdapat logo gitar.
- Tuning Peg
  Ini adalah bagian dimana kita menyetem gitar
- Nut
  Ini adalah tempat menyangga senar gitar agar suara gitar menjadi lebih nyaring.
- Fretboard
  Ini adalah alas bagi Fret
- Fret
  Fret adalah besi yang melintang pada fretboard
- Body
- Bridge
  Bridge adalah untuk mengaitkan senar gitar
- Sound Hole
  Ini adalah tempat dimana suara gitar dikeluarkan.

III. Senar Gitar

Gitar memiliki 6 senar, keenam senar tersebut memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Senar 1-3 adalah senar stainless steel atau nylon, senar 4-6 adalah senar stainless steel yang dilapisi oleh tembaga. Senar 1 adalah senar dengan frekuensi tertinggi, senar 6 adalah senar dengan frekuensi terendah.

Dalam menyetem gitar, ada beberapa tuning yang ada. namun yang biasanya dipakai adalah Standard Tuning. Tuning ini adalah yang paling sering digunakan oleh pemain-pemain gitar. Namun tuning lain pun banyak digunakan oleh pemain gitar.



Mungkin sekian saja dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan. Ini baru permulaan dari materi gitar saya, masih banyak materi-materi yang akan saya bagikan dalam blog ini. Oleh karena itu, tunggu post-post saya selanjutnya untuk lanjutan dari materi ini. 

Sumber: Wikipedia, http://www.caragitar.com/ , https://tipsdani.com/

Comments

Popular posts from this blog

Bedah Chord: "7th Chord"

Bedah Chord "Suspended"

Materi Gitar Dasar 2 'Kunci Dasar'